Mengenal Sejarah dan Perkembangan WordPress di Indonesia,

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia tulis menulis atau berprofesi sebagai blogger, pastinya sudah tidak asing dengan WordPress. Namun bagi para pemula yang  tidak begitu tertarik di dunia website dan sebagainya pastinya sangat asing mendengarnya. Padahal mungkin satu dari jutaan artikel yang pernah Anda baca salah satunya berasal dari situs WordPress juga. Disini saya akan perjelas satu persatu. Mulai dari pengertan WordPress itu sendiri.

 

WordPress merupakan software yang bisa di install kemudian di server untuk membuat berbagai macam jenis website. Misalnya saja Anda ingin membuat sebuah website pribadi, atau portal berita bahkan toko online bisa hanya dengan WordPress. Atau ada juga yang menyebutnya bahwa WordPress merupakan salah satu dari sekian banyak jenis CMS yang bisa dengan sangat instan dalam membuat website tanpa Anda harus tau bahasa pemrograman atau yang biasa disebut coding.

Selanjutnya, saya akan memberitahu sejarah singkat software ini. Awal mulanya, software pencipta website ini diciptakan oleh Matt Mullenweg di taun 2003. Sebelum WordPress, ada satu software bloging yang lebih dahulu yaitu cafeblog/b2 tetapi software ini telah ditutup, maka dari itu hal ini memberikan ide atau inspirasi kepada pencipta wordpress yaitu matt serta mike untuk membuat hal yang serupa, maka muncullah sebuah software bernama wordpress ini. Dengan hal itu, wordpress menjadi salah satu best CMS dalam kategori ini.

Saat itu, pencipta wordpress yaitu Matt merilis software tersebut dengan nama WordPress 1.0 pada tahun 2004 dengan berbagai fungsi dasar, bahwa sebelumnya matt terinspirasi dari software sebelumnya maka fitur yang ada di wordpress ini semuanya hampir sama seperti b2/cafeblog, hanya berbeda di beberapa firut yang telah dimodifikasi. Sejak saat itu, perjalanan WordPress dikenal terus sepanjang masa, dan populer diseluruh dunia sampai hari ini.

Perkembangan WordPress Indonesia saat ini yang paling menarik adalah software satu ini memiliki sifat open source. Yang artinya, WordPress ini bisa digunakan secara bebas serta gratis oleh siapapun dan bisa dimodifikasi juga sesuai dengan kehendak Anda sendiri. Bahkan saat ini, WordPress menyediakan situs plugin yang biasa disebut WordPress plugins. Berguna untuk memudahkan penggunanya menambahkan beberapa fitur di website hanya dengan satu kali klik saja.

 

Mengenal Sejarah dan Perkembangan WordPress di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time

Open chat
Hay Admin, Saya Mau Tanya Tentang Produknya..?